Digital Differential Analyzer (DDA)

Sambil mengunggu inspirasi menulis artikel baru, tak ada salahnya me”repost”kembali artikel jadul tentang DDA. Semoga bermanfaat.

——————–######————————

Waktu kuliah Grafika Komputer, ane dapat tugas mengimplementasikan algoritma menggambar garis dalam sebuah applikasi. Ane coba buat program sederhana yang mengimplementasikan algoritma Digital Differential Analyzer (DDA) dalam bahasa java.

Ane menurunkan kelas Canvas menjadi kelas LineCanvas dimana kelas inilah yang nantinya akan mengimplementasikan algoritma DDA. Gambar di bawah ini menunjukkan tampilan program yang telah selesai dibuat

Disini Ane menggunakan perbandingan dalam menggambar kan tiap pixel pada kanvas. 1 pixel pada kanvas menempati N pixel yang sebenarnya. N dapat diseting sesuai dengan kebutuhan. Sebagai tambahan Ane sertakan 2 tombol untuk menggambar rumah dan buku yang koordinatnya telah ditentukan terlebih dahulu dalam source code.

Bila teman-teman berminat untuk melihat source code program ini, teman-teman bisa mendownloadnya di sini. Namun sayangnya ane belum bisa menyertakan dokumentasi program ini karena … bingung cara mendokumentasikannya :p . Bila memiliki pertanyaan temen-temen bisa menuliskan comment dalam blog ini. Insya Allah akan ane jawab sesuai dengan kemampuan. (March 11, 2008)

1 Comment

rizkyApril 2nd, 2012 at 6:54 pm

mas boleh minta emailnya?

Leave a comment

Your comment

CAPTCHA Image
*